Senin, 18 Juni 2012

Bolehkah Belajar Bahasa Asing??



Syaikh 'Utsaimin -rahimahullah- ditanya :

"Apa pendapat anda jika seorang penuntut 'ilmu mempelajari bahasa inggris, terlebih lagi jika dia mempelajarinya untuk berdakwah di jalan Allah??"

Syaikh 'Utsaimin menjawab : 

 "Menurut saya, tidak diragukan lagi bahwa mempelajari bahasa Inggris merupakan salah satu sarana, dan sarana tersebut akan menjadi sarana yang baik jika memiliki tujuan yang baik, dan akan menjadi sarana yang membinasakan jika tujuannya buruk. Akan tetapi, yang perlu dihindari adalah menjadikan bahasa Inggris sebagai pengganti bahasa Arab, karena sesungguhnya menggantikan kedudukan bahasa Arab yang merupakan bahasa al-Quran dan juga bahasa yang paling mulia dengan bahasa Inggris adalah sebuah keharaman. Telah diriwayatkan dari salah seorang salaf (yaitu ‘Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu -ed) tentang larangan bercakap-cakap menggunakan bahasa orang kafir. Adapun jika digunakan sebagai sarana dakwah, maka tidak diragukan lagi bahwa terkadang hal tersebut menjadi wajib. Saya pun terkadang berangan-angan seandainya saya mempelajari bahasa Inggris dan pada sebagian waktu aku sangat butuh untuk menggunakan bahasa Inggris, sampai-sampai penerjemah tidak dapat mengungkapkan maksud hati saya secara sempurna". (Kitabul ‘Ilmi, hlm.116)

Sumber : muslimah.or.id

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...